MANADO

M A N A D O 2018

SEDIH BGT NGEBLOGNYA GA RUTIN, KONTEN JADI NGANTRI GINI:( padahal daridulu berjanji banget bener2 kalo ada sesuatu langsung ditulis, tapi kok ga sesuai ekspektasi...mungkin ini karna ku sibuk membuat porto dan apply2, abis apply akhirnya ku benar2 bisa ngapa2in hyahya alesan.

Perjalanan ke Manado ini sebenernya nyambung sama Ternate, flight nya langsung Ternate-Manado. yasudah langsung ajani, gue kasih kontak driver selama kita jalan-jalan di Manado -Cyber Bunaken 085298492277-, kita ga di Kota Manado nya ajasiii, karna kalo di Kota kurang banyak attractionnya. Btw review buat drivernya okesihh, cuma terlalu inisiatif untuk motoin kita di setiap destinasi HAHA dikit2 "saya fotoin disini" sampe bener2 niat mindahin mobil buat dapet pemandangan yang oke, karna sebenernya keluarga gue ga sebegitunya si untuk foto bareng...kita sukanya moto bukan difoto hehe tapi buat keluarga yang suka foto2 berarti sangat recommended. Satu lagi, karna kita ada satu yang trip ke Bunaken jadi kita sewa speed boat di Pak Onung Camelia Boat 081340025343 - ini super recommended banget!!! karna baik, kapalnya gede, enak, bersih + bapak2nya mau nemenin kita snorkling, apalagi yg gabisa berenang seperti orangtua saya jadi bisa dijagain.

Oiya mau cerita sedikit, foto-foto manado ini ada di harddisk dan hard disknya rusakk..jadi sangat sedih karna foto-fotonya cuma seadanya-adanya banget. cry

Day 3
udah day 3 aja karna day 1 sama day 2 nya lagi di ternate yaaa. Nyampe di Manado itu jam 9 pagi kira2, langsung menuju Jalan Wakeke buat makan bubur manado beserta apaya kayak perkedel tapi ikan teri gitu pokoknya enakdeh! abis itu kita ke daerah Tomohon, pas di perjalanan kita setengah "dipaksa" untuk ke makam Imam Bonjol padahal kita gamau kesitu...karna nanti jadi buru2 di tempat yang lainnya huf, cuma sebentar aja disana kita langsung pindah ke Gardenia, dia itu tempat makan tapi tamannya bener2 diuruss dan baguss untuk foto-foto, yang spesial itu karna darisini kita bisa liat gunung Tandano (??), desain tempat makannya juga adem, recommended sihh buat berlama2 makan siang bareng keluarga disitu, tapi kita gatau makanannya kayak apa karna kita cuma pesen minum dan foto-foto hehe.

Gardenia

Hari ini bener-bener full, karna lebih banyak destinasi di kawasan Tomohon dibanding di dalem Kota Manado, pas kita lagi di perjalanan kita ngelewatin jalan yang pinggir2nya kayak ladang luas gitu dan ada kuda dan sapi, cuma satusiii tapi ternyata pas kita turun dan foto dia menghadap ke gunung hasilnya lucu juga.

Next, kita ke Bukit Doa, di bukit doa ini kayak kawasan luas gitu jadi kalo masuk dapet tiket yang bisa dituker teh atau kopi di cafe nya. Pertama kita ke bukit yang ada gerejanya disitu, bentuk gereja nya lucukkk dan bisa liat pemandangan kayak giinii, abis itu baru kita ke cafenya dan ada doggoo dongdi tempat ngetehnya ituu! gakuat

Bukit Doa

Makan siang seafood:) di sepanjang Danau Tondano of course!! jadi kita makan bener2 di atas danau Tondano, danau ini danau terluas di Sulut btw dan jadi sebagian mata pencaharian orang-orang disini, liat aja di gmap segede apa dari atas hwhwhw. mohon maaf banget kita lupa nama restorannya apa..tapi mungkin kurang lebih sama siih masakannya, pokoknya enak bangett di restoran2 ini buat makan siang. oiya selain makan siang, juga bisa mancing disini!

Danau Tondano

Terakhirr!! ini tempat favorit terfavorit gue!! Danau Linau, tempatnya kece banget ga ada ekspektasi apa-apa tentang pengelolaan tempat wisata disini, tapi ternyata pas dateng.. tempatnya kayak tempat hits nya orang sana kaliya pokoknya ada cafenya bisa nongkrong disitu ke arah danaunya, konsepnya dari kayu-kayu gituu dan bersih, pokoknya bagusss, ternyata emang tempat ini dikelola sama pihak swasta..jadi ku ga heran sii kalo sama pemerintah mungkin hasilnya ga kayak gini hehehehe sorry. Air danaunya tuh keijo-ijoan gitu dan bener2 dikelilingi tebing yang udah full pohon2, keren bangettt, sayangnya kita bener2 buru2 banget disini karna udah mulai malemm. OIYA HAMPIR LUPA! mau ngingetin buat bawa jaket atau syal apapun itu disini karna anginnya super gede, bisa pilek mendadak. oiya satu lagi, kita pas kesana sore-sore, jadi dapet cahaya2 ilahi gitu yang menyinari tebingnya hyahya bagus sekali

Danau Linau

Day 4
yeah! hari ke-4 main air lagi:) seneng banget snorkling hehe naik speed boat kira2 45 menit - sejam kalo gasalah dari kota Manado, kita dianter ke spot-spot bagus, salah satunya spot tembok lekuan, tembok lekuan itu semacam tebing gitu di dalem air jadi keliatan tiba2 dalem aja pokoknya wkwk dan di spot ini banyaaaaaaaaaaak ikannya, sayangnya menurut gue kok terumbu karangnya kurang bagus ya kayak yaudah biasa aja gituu, udah banyak yang rusak jugaa huhu sad tapi ikannya masih tetep banyak kok. Abis dari bunaken kita ke Siladen, nah ini baru wah gila sihh bagus banget banget banget, menurut gue lebih keren disini daripada di spot bunaken tadi..mungkin dulunya bunaken sebagus ini tapi saking ramenya jadi rusak mungkin. di Siladen lebih dalem si posisi terumbu karangnya dan lebih macem-macem dan berwarnawarni, dan beruntung ga beruntungnya jadi ceritanya gue sama kakak gue terbawa arus yang super kenceng bangett wkwkwk tiba-tiba udah jauh dari kapal dan bener2 gabisa berenang ngelawan arus saking kencengnya...panik sihh tapi ngeliat orang2 pada kebawa juga jadi rada tenang haha dan bapaknya yg nemenin kita langsung berenang ke arah kita dan narik kita berdua melawan arus..gila ya keren banget bapaknya:" selama di tarik itu, gue bener2 ngeliat ke bawah terus dan wah gila si bersyukur banget kebawa arus hehe karna jadi bisa ngeliat terumbu karang yang sebagus itu. oiya mau mengingatkan, pantainya di bunaken maupun siladen biasa aja si bukan yang putih lembut gituu, jadi ekspektasinya diturunin aja haha karna pas gue kesana gue kira pasirnya yg model begitu.

Bunaken - Siladen

Day 5
yahh ceritanya hari terakhir ini kurang menarik sihh, cuma beli souvenir - jangan lupa klapertart is dabest disini- terus ke Pantai Malalayang yang biasa aja tapi jangan lupa makan pisang goreng pake sambel hihi manteb! ada di sepanjang Pantai Malalayang dan pas di Bunaken juga ada, beli makan dan pulang ke bandara. sudahhh begitulahh perjalanan selama kita di Manado.

oiya mau ngingetin juga, jadi masyarakat Bunaken ini kehidupannya sebagian besar bergantung sama pariwisata di Bunaken, kan sedih ya turisnya sampe mancanegara yang dateng kesitu tapi masyarakatnya kurang makmur, jadi jangan lupa ramaikan dan beli makanan atau minuman dan juga alat sewa buat snorkling juga disediain semuanya.