TERNATE

liburan semester kali ini ku beserta keluarga tercinta jalan-jalan ke Ternate dan Manado, ehe bisa dibilang cukup random karna belom banyak orang-orang yang jalan-jalan ke Ternate tapi ternyata sebagus ituu......perpaduan Gunung dan Pantai, mantap coy! selama disana kita sewa mobil dari di jemput dari airport sampe pulangnya juga dianter ke airport, harga sewa mobil selama 2 hari + hari ketiganya nganter ke airport aja pagi-pagi itu 600rb/hari udah supir dan bbm, harganya sedikit mahal yah karna kita bener-bener pas lebaran tapi bapaknya super baik dan seru dan bener-bener kalo kita pergi ke tempat dan kelamaan bapaknya selalu ngingetin gitu biar kita bisa ke tempat yang lainnya juga, biasa kita anaknya suka ga sadar waktu hehe ini kontaknya Pak Epi 081320007761. untuk hotelnya kita nginep di Safirna Transito Hotel, turns out kita gasuka hotelnya karna semacam bau lembab gitu terus AC di kamar mama papa panas gitu hwhw sebenernya aku si pasrah-pasrah aja, tapi ortu akhirnya memutuskan untuk pindah hotel ke Muara Hotel yang di bawahnya mall jadi kalo mau beli-beli cemilan gampang juga, di muara hotel jauh lebih baik :) selain ada lift, ac tidak panas, dan ada balkon yang viewnya ke gunung gamalama dan pantai hehe

T E R N A T E  2 0 1 8
Day 1
nyampe-nyampe langsung ke Icon Ikan di deket Pasar Dufa-Dufa, tempatnya katanya baru, kemaren driver pun gatau, katanya baru pertama kali liat juga padahal bapaknya orang ternate asli. Jujur, baru nyampe ke ikon itu, langsung terkagum-kagum banget sama lautnya! super bening padahal itu di pinggir kota dan deket pasar lebih tepatnya huhu super biru dan bisa liat pulau-pulau lain yang ada di sekitar Pulau Ternate, first impression kita sama ternate bener-bener bagus sodara-sodara!

Ikon Ikan at Pasar Dufa-Dufa

cuma sebentar aja, lanjut lagi ke Benteng Toluko, bentengnya terawat banget, gemes karna bulet-bulet simetris dan tamannya bener2 teratur rapihh bgt. jangan lupa kasih tip nya ke bapak yang jaga hehe soalnya beneran terawat banget

Benteng Toluko

pas menuju hotel mau check in ternyata lewat taman kota Ternate, kayak taman publik gitu di pinggir laut dan apik tenanan, di pinggir kota situ airnya bening dan banyak ikan-ikan kecil gitu, terus juga ternyata bisa renang di pinggir situ juga. fix betah bangetsi tinggal disini, sebenernya kalo kita jadwalnya ga padet banget pasti enak banget bisa nongkrong di sini sore-sore, dan pasti banyak jajanan gak si hehe.

Taman Kota Ternate

langsung lanjut ke pulau maitara naik speed boat dari pelabuhan...entahlah lupa banget namanya maafkan tapi cuma 30 menit doang kok kesana, di pelabuhannya kita lgsg banyak yg nawarin gitu nah langsung deh bapak driver kita yg nyariin terus langsung deal harga, minta kontak mang2 boat nya biar nanti bisa minta jemput kalo udah selesai keliling pulau maitaranya haha berasa gojek tapi ini speed boat keren ga sih. pas udah nyampe....airnya ituloh:') seger banget dan bagus banget karna bisa ngeliat pulau ternate dengan gunung gamalamanya itu. pas nyampe, loh kok kosong ga ada apa-apa wkwk terus nanya warga sekitar juga hmm paling yang monumen seribu rupiah aja sama ada pantai pasir putih, kemudian kita bingung harus naik apakah kita haha karena sesepi itu, ternyata ada ojek yang harga 1 ojeknya 75rb mahal gila, akhirnya kita sekeluarga memutuskan untuk jalan kaki :) pas di tengah-tengah perjalanan ada mobil bak lewat terus nyokap nyetopin mau nebeng wkwk memang keren mamaku dan akhirnya kita diturunin di monumen itu, setelah foto-foto kita balik lagi ke pantai tadi kita diturunin huhu bingung sebenernya pulaunya bagus tapi kok ga ada apa-apa dan ga ada fasilitas juga huhu akhirnya kita minta jemput speed boatnya dan kembali ke ternate.

Pulau Maitara

danau ngade~~ bagus banget! suka! cuma warna danaunya ya ijo gitusi hehe tapi tetep bagus. sebenernya ada apaya kayak spot foto gituuu tapi ngantrinya bikin males sumpah semua orang soalnya pengen foto selfie disitu, kebetulan aku anaknya tidak suka selfie cuma mau moto pemandangannya dengan lebih jelas aja tapi karna ngantri fotonya dari yang sepi aja hehe. oiya disediain juga ayunan buat foto gitu, aku si tidak terimakasih karna ga ada pengamannya sama sekali, kakiku bisa gremeng-gremeng tapi mamaku malah berani hehe

Danau Ngade

dari danau  ngade langsung ke kebun cengkeh, pas lagi nyusun itinerary sebenernya ga terlalu tertarik kesini, tapi pas udah nyampe bener-bener amazed banget yaampun ini apasi tempat kok kayak gini bagus banget apalagi kita datengnya sore-sore sekitar jam 4 gitu mataharinya cucok banget! sambil duduk-duduk gelar tiker aaaaaa kalo ke ternate lagi ga mungkin ga kesini si! sayangnya waktu kesini aku sangat sangat sangat kebelet pipis terus toiletnya kayak ya seadanya aja dan cuma ada satu berupa cubicle kayu gitu dan kayaknya pipis kita ngalir ke tanah deh itu wkwk gataudeng sotoy, tapi tetep kok pipisnya disitu daripada ngompol kan. oiya ngomong-ngomong kalo tentang makanan seafood nya ga se wow itusi, biasa aja menurut aku seafood paling wow tuh di bintan :') super bermacam-macam pilihannya. kalo disini kebanyakan ikan aja gitu dan ya biasa aja gitu rasanya.

Kebun Cengkeh

pulang dari kebun cengkeh kita makan di....ada di tengah kota kok kayak di pinggir pantai ada berderet tempat makan gitu jualan seafood tanya orang sana pasti tau wkwk karna aku lupa..makannya ya ikan

Day 2
hari ke-2 super excited karna akan nyemplung ke laut hehe tapi pagi-pagi kita berangkat dulu ke batu angus, ini tempat batu-batu angus karna gunung berapi. tempatnya bener-bener rapih terawat tersusun bersih, ada jalurnya buat ngelilingin tempat ini. aku sampe bingung kok ternate ga terkenal ya dalam hal pariwisata padahal semuanya bagus dan terawat banget. taman batu angus ini dipinggir laut jadi bener2 viewnya mantab. masuk kesini juga gratis, bayarnya ya cuma bayar parkir aja.

Batu Angus

lanjut ini dia yang kunanti-nanti, hol sulamadaha. pertama kita parkir di pantai sulamadaha tempatnya rame, jangan berenti sampe situ aja tapi! harus jalan dulu ada jalurnya kok menuju hol sulamadaha palingan cuma 200 meter aja terus nyampe cari deh tempat paling sepi hehe anaknya emang suka ketenangan jadi cari di agak ujung rada ketengahan dikit lah, langsung pesen pisang goreng pake sambel hmm manteb banget ga tuh sama es kelapa. tempat ganti bajunya udah disediain di sana, jadi gausah pake baju renang dari hotel hehe. jangan lupa sewa ban buat chill dan kalo mau ke tengah-tengah biar ga capek aja gitu wkwk langsung deh kita nyebur haaaaaah gila seger banget coy yaampun enak banget tempatnya dan buat nyantai gitu ga nyemplung juga enak, mamaku ga nyemplung karna takut, papa nyemplung bentar ajaa hehe sayangnya emang ga bagus si buat snorkling karangnya udah mati semua, paling kegirangan karna ikan ajaa. di bagian sebrang lumayan baguss siih terumbu karang dan ikannya banyakk tapi agak horror kalo kepinggir-pinggir gitu takut ada buaya laut:( kayaknya 2 jam-an kita main di sini udah puas hehe puas banget.

ini bermaksud untuk gaya kalo kayak orang-orang yang biasa diambil pake drone gituu di tengah laut, tapi kok malah kayak katak mati ya:(

Hol Sulamadaha

spot snorkling juga ada di jikomalamo tapi sayangnya udah kesorean, jadi kita liat-liat aja di sana ga nyemplung lagi huhu tapi gapapasih disini tenyata lebih rame dari hol sulamadaha....terus disini ada pohon gatau pohon apa terus bener-bener super banyak burung yang bertengger disitu huehe keren buat difoto dan mereka super berisik. maafkan foto pantai jikomalamo nya sila di browsing aja ya hehe karna kita cuma dari atas parkiran aja.

Pantai Jikomalamo

destinasi terakhir adalah danau tolire, ada tolire kecil dan tolire besar. 22nya harus di datengin! pertama danau tolire kecil bagus banget karna dia diapit sama pantai dan gunung huhu aku terharu banget bisa ngeliat kayak gini:") abis itu kita langsung ke danau tolire besar, danau yang satu ini horornya minta ampun. pertama, danau ini ada buaya nya, kedua, danau ini jauh ada dibawah banget jadi kayak jurang gitu hwhw, ketiga, dari tempat kita berdiri ga ada pembatas sama sekali.......dan di danau ini emang kayak ada mitosnya gitu kalo lempar batu ke danau itu, batunya ga akan nyampe ke danau HMM padahal emang jaraknya jauh gitu loh danaunya keliatannya aja deket...jadi memang jelas ga akan nyampe juga batu kita pasti jatoh di pohon-pohon tapi apalah tetep aja orang kan penasaran dan batunya di jual loh! karna di tempat itu ga ada batu sama sekali wkwk kayaknya udah di ambilin semua terus di jual. gapapa tapi seru kok liatin orang-orang lemparin batu.

Danau Tolire Kecil

Danau Tolire Besar

yaampun lupa setelah dari sini kita makan duren di pinggir jalan hehe sama mampir ke benteng Kastela sekalian di sampingnya ada masjid jadi bisa solat disitu. ngomong-ngomong benteng Kastela menurut gue sih agak kurang ya karna ga terawat dan isinya juga udah aja gituu

Benteng Kastela

semua destinasi ini bisa didatengin selama 2 hari ajakok karna pulau ternate emang kecil, ini kita udah ngelilingin satu pulau hehe selesai sudah trip kita di ternate, besoknya langsung pagi-pagi ke airport menuju manado~~