Hongkong Part 2

day-0 kita transit di KL dari jam 10 malem sampe jam 6 pagi, kita nggelosor aja dikarpet bandara dan tadinya kita takut gabangun gitu terus akhirnya kita pasang alarm hehe tadinya malu tapi daripada gabangun:( tapi ternyata banyak juga tourist-tousrist lain yang tidur di karpet dan setel alarm gede-gede haha.

day 1
sesampaimya di airport hongkong, kita langsung nanya ke information center dimana beli octopus card (mrt & bus card) dan kartu internet handphone. pokoknya beli kartu internet tuh di toko di bandara namanya 1010, kemaren gue beli paket yang harganya 88hkd itu dapet 1,5gb tapi kakak gue beli yang 5gb harganya 118hkd. tapi ternyata buat 4 hari, cukup bangetsi beli yang 1,5gb aja kalo kemaren cuma dipake buat buka browser, google maps, line, whats app sama ga sering-sering buka instagram. abis ituu kita beli octopus card di tempat airline express satu orang 350hkd + deposit 50hkd, tapi nanti bisa di refund jadi tenang aja, kita isi segitu bisa buat naik transportasi umum selama 4 hari dan itu juga bisa dipake buat naik tram menuju the peak.

okeey, abis itu kita langsung menuju hotel kita di tsim sha tsui, namanya Hotel 'Hop Inn On Mody'. hotelnya recommended sii untuk berdua kamarnya kecil tapi lucuu banget haha, kita naik bus nomer A21 berenti di mody road. abis check in kita langsung ke kamar beres-beres. ni kamarnya ni pewe bangetsi cuma bete nya inikan di lantai 5, terus kita harus naik lift lama yang suka sedikit berguncang terus abis naik lift kalo jalan kayak masih suka terasa goyang huft

abis kita beres-beres dan makan siang pake makanan yang udah kita pesen di pesawat hehe biar hemat, kita langsung menuju ke ngong ping naik mtr, dan ternyata mrt nya kayak di singapore enak dan gampang dibaca, semua signage lengkap. kalo bingung exitnya dimana setelah naik mtr bisa liat di google map juga lengkap banget. nah di ngong ping kita naik cable car yang standar bukan yang crystal, bedanya yang crystal lantainya kaca jadi kita bisa liat kebawah juga. tapi menurut gue sih karna hargnya yang lumayan beda jauh, mending yang standar aja soalnya emang lebih bagus liat dari jendela daripada ngeliat kebawah gituuu. sukaaa bangetsi naik cable car nya karna perjalanannya cukup jauh ternyata dan baguuus

udah sampe di ngong ping village, kita langsung foto-foto dan beli post card buat nanti dikirim ke rumah hehe, sampe-sampe kita langsung makan siang dulu pake makanan dari pesawat wkwk hemat beb sambil ngeliatin sapi-sapi dilepas dan ngegangguin orang-orang hue kocak bangett. abis itu kita ke 'wisdom of path', soalnya jalannya ngelewatin hutan gituu jadinya kita takutnya kalo udah mau maghrib gitu jadi serem wgwg terus pas kita kesana emang benersi jalanannya kayak sepi dan lumayan jauh soalnya jalannya naik-turun. pas banget kita dateng kesana cahayanya pas gituu jam 4an, kayak ga terlalu silau tapi cerahh warna mataharinya.

abis itu kita barudeh naik ke Tan Tian Budha, capek sihh tapi ga secapek naik tangga di borobudur kayaknya hehe soalnya disini tangganya konstan gituu. terus kalo lagi naik tangga nya, sambil liat ke belakang jugaa soalnya baguuuuuuuuussss!! keliatan gitu kompleks nya. terus kemaren kita di tan tian budha sampe jam 6 gitu hehe padahal harusnya udah tutup jam setengah 6, dan beruntungnya kita jadi dapet sunset dan bagus bangettt, warna batunya jadi keoren-orenan gituu. terus karna kita masih disitu padahal udah tutup, jadi aja kita diusir hehe tapi sangat worth it siii gue sukaa aaaaa tidak mengecewakan sama sekali

yang kocak kalo diinget-inget adalah, jadi kita pulang dari ngong ping naik bis gitu bukan pake cable car lagi, bayangin...jalan sekelok-kelok itu terus kita naik bis dan supirnya ngebut gitu, dan sebelnya kita pas masuk bis udah keburu nge tap octopus cardnya, pas liat ke dalem taunya penuh gadapet kursi:( jadinya kita berdiri dan gue sangat enek sampe gamau ngomong karna makin enek dan udah mau muntah bangettt, akhirnya gue memutuskan untuk duduk di aisle bis itu:( pas banget gue duduk untung banget ada orang yg turun, akhirnya gue dan kakak gue langsung duduk dan gue muntah di plastik:) tapi pra muntah gitusii wkwk apasi yauda gausa dijelasin

Malemnya kita langsung buru-buru ke spot nonton symphony of light, ternyataa cupu banget dan ga menarik sama sekali wkwk, tapi ternyata kita juga salah spot, harusnya dari avenue of stars tapi kita nontonnya dari...entahlah namanya tapi orang-orang juga pada kumpul disitu siii tapi ga nyesel si salah tempat, soalnya emang ga bagus-bagus amat. udah aja abis itu langsung lari-lari ke donguri republic buat beli pernak-pernik ghibli studioo dan foto sama totorooo sayangku.

day 2

pagi-pagi berencana sarapan popmi, tapi air panas di hotel abis:') jadi aja ke sevel buat beli sarapan pisang dan susu ehehe di itin si rencananya mau sarapan ke ebenezeer sengaja dikenyang-kenyangin sebelom ke disneyland ehehe, tapi ternyata kalo pagi-pagi belom buka. abis kita beli sarapan, jalan ke Kowloon Park yang kita kira luas kalo liat di denahnya google, ternyata ga terlalu, jadi kita bisa keliling2 ke semua tempatnya. dan ternyata disana rame juga ya walopun hari kerja, ramenya sama nenek-nenek kakek-kakek sii, mereka pada olahraga. salut dehhh orang tua disana pada sehat-sehat dan ga masalah gitu jalan sendirian di kota besar, kayak masih pada kuat2 bangeddh. kita di Kowloon liat flamingo, main dan foto-foto di maze gitu, terus ternyata disana juga ada kolam renang dan plazanya gituu. duhh kayanya enakdeh tinggal di kota besar yg penuh bangunan tinggi, tapi tetep punya taman yang lengkap fasilitasnya:)

saking serunya dan ada patung-patung karakter lucu-lucu buat difoto gitu ampe kita di kowloon park sekitar 2 jaman gitu ehehe, langsung deh kita buru-buru ke station buat ke disneylanddd. aaaaa so excited! terus-terus kereta menuju disneyland nya lucu bangett, seriusan lucu tema mickey mouse gitu dan bangkunya sofa ehehe ga kayak di kereta yang umum dari alumunium gituu...jadi licin dan merosot terus hwhw. hari kamis ke disneyland, ternyata cukup rame juga ya, tapi emang bukan rame yang kemruyuk gitusii jadi tetep enakk. pokoknya jangan weekend aja kalo ke disneyland hehe soalnya pasti rame buanget.

tips ke disneyland adalah.....liat show-show yang tiap beberapa jam gituu, kemaren kita dapet show lion king dan bagus bangett sebagus itu sampe tauga yang sesek pengen nangis HAHA bukan lebay, tapi kayak terharu gituuu, kalo emang suka mainan yang ekstrim mending cobain semua dulu jangan ragu-ragu ehehe soalnya kemaren gue mau nyoba yg roller coaster yang di tomorrowland, tapi ragu gitu takut sampe akhirnya gajadi. terus kalo emang doyan shopping dan plinplan anaknya kalo milih barang, liat dulu tuh semua shop nya, jangan lupa dicatet dan difoto barang yg dipengenin, karna segalau itu milih souvenir disanaaa!! ingin semua! terusterus apalagai yaa, hmm oiya kalo menurut gue mending gausah makan malem disanaa, soalnya kemaren tutupnya cepet gitu yang dibagian toy stoty land dll, jadi harus makan di tomorrow land. udah gitu menurut gue dan kakak gue sii makan siangnya banyak gituu, kita makan jam 1, pesennya 1 buat berdua tapi kenyangnya sampe malem. pas malem kita buru-buru harus makan malem karna masih ada 1 voucher dinner dan harus dipake, pas kita mau ke restaurant yang halal, eeeeh ternyata udah tutup jam 7 gitu...jadi kita makan di tomorrowland trus pesennya fish dengan bismillah hahaha. mungkin karna kita gadoyan makan, jadi menurut kita gaperlu makan malem disana mungkin. teruus pokoknya malem-malem jangan lupa nonton parade, kocaknya kemaren kita karna ngejar makan malem biar vouchernya ga sia-sia, kita ketinggalan paradenya, sampe kita lari-lari kedepan ngejar2, mana rame banget lagii...tapi akhirnya dapet dikit hehe seneng. emangdeh gilak, disneyland enaknya emang 2 hari atau insyaAllah kalo bisa mau kesana lagiii mainin yang ga sempet dimainin. jangan lupa main rollercoaster di grizzly gulch dan di mystic point harus coba mystic manor karna bagus bgt! oiya, sama ke toy story land juga harus liat pas malem dan siang, karna sama-sama bagus kayanya, kalo malem kita gasempet liat huhu

abis dari disneyland ternyata masi cukup sore untuk balik ke hotel (jam 10) haha gaya, akhirnya kita jalan-jalan tanpa arah aja sambil liat-liat toko pinggir jalan, terus ada bapak-bapak jual fish ball malem-malem. yaudah gue foto-foto aja dia ehh dia marah terus ngusir gue hehe yaa salah gue sihh. untung fotonya bagus hasilnya ehe.

day 3

mendung sendu di hari ketiga kita di Hongkong, sendu juga kalo tau besoknya kita harus pulang:(. kita Hongkong Island naik fery yang ternyata sangat sebentar. disana juga kita agak bingung harus naik apaa....dan akhirnya jalan kaki yang super jauhh buat naik tram ke the peak...bayangin kita jalan dari pier ke peak tram stationnya haha tapi emang kerasa ga kerasa gitusii karna sepanjang jalan enak aja gitu diliat dan photoable gitu. jangan lupa, kalo mau naik tram ke the peak pake octopus card aja karna lebih murah dan gausah ngantri beli tiket~ simpel~ pas naik tram buru2!! biar bisa duduk disamping jendela, kemaren kita gak lucky bangetsi udah duduk di bangku yg samping aisle terus berkabut banget ternyata sampe gabisa liat apa-apa...so sad. tuh liat aja fotonya, yang ke the peak bermaksud untuk liat view...eh ternyata isinya kabut semua hehe so sad. buat yang gamau bayar naik peak terrace, bisa liat viewnya di Lugard rd jalan lumayan sih tapi asyig kok. sayangnya kita udah jalan dengan optimis menuju lugard rd ehhhh tetep aja gabisa liat apa-apa hehe bodoh. akhirnya kita balik dan langsung menuju soho.

di perjalanan menuju Soho kita naik bis dan dek lantai 2, jadi akhirnya bisa dapet view bangunan-bangunan tinggi di hongkong island *tau gitu gausah ke the peak* hehe gadeng ntar jadi gabisa nikmatin gerimis pake jas ujan di kabut-kabut gitu.

di Soho ternyata rame bangett, inilah jawaban selama ini kita bertanya-tanya *orang2 pada ga kerja apa yak, mrt kosong amat* ternyata kerjanya pada disitu. kita langsung keeee Man Mo Temple, baguss deh buat foto-foto emang touristy bangett, semua orang foto2 disitu haha dan yang lagi beribadah pun pada ga mempermasalahkan gitu difoto2. abis itu, kita makan di ebenezeer resto. disini kita terharu:') jadi kita pesen makan buat berdua terus pesen semacam lumpia gitu yang isinya 3, pas dateng kok isinya 4 padahal di menunya tertulis 3....terus gue tanya ke waitressnya, katanya "emang ditulisnya 3, tapi buat kalian 4, enjoy!" AAA baik banget gasii:' terharu....berkah banget gilak haha. udahdeh di soho kita jalan-jalan aja cari spot-spot foto lucu, cobain escalator terpanjang, terus beberapa masuk ke dalem toko tapi ternyata mahal banget guys, souvenir di disneyland berasa murah ngeliat harga-harga disana....dan nyesel ga belanja banyak di sana. kita juga coba ke PMQ, disana tempatnya lucuu tempatnya designer lokal hongkong gituu tapi mahalnya juga ga nyantai, sampe kita udah ga minat buat ngelilingin seluruh gedungnya hehe.

abis dari PMQ kita buru2 ke Islamic Centre Canteen, karna disana katanya ada dimsum terenakkk! dan gasabar juga buat nyoba, tapi ternyata.....jengjeng dimsum nya cuma ada sampe jam 3 sore aja:( tersadsadsad karna udah ngebayangin makan dimsum dan sampe hari ketiga kita belom nyoba makanan hongkong gituu karna susah cari yang halal. jadi aja gajadi kita makan dimsum, darisitu kita langsung caw ke Kowloon buat makan di Ma's Restaurant. astaga! rasanya mantab!! kita pesen gatau namanya pokoknya bulet terus isinya daging sapi muda, pas dibuka bumbunya kayak keluar gitu...subhanaAllah...terus pesen corn soup enak bangett, shrimp dumpling juga enaaa, semuanya enakk, sama pesen kuah gitu pake dumpling ayam. pokoknya kita paling puas makan disini sih karna manteb banget menunya, kita kira kecil-kecil gitu taunya isinya banyak uga. Abis dari Ma's Restaurant kita ke Ladies Market, sudah kita duga emang gaakan beli apa2 disitu hehe barangnya ga banget jualannya kayak norak-norak gitu hehehe maap tapi ga sesuai selera kita ajaa gituu. jadi aja kita langsung caw balik ke hotel lanjutin jalan kaki di sepanjang Nathan road karna disitu semuanya toko-toko berderet walaupun emang ternyata di atas jam 10 udah pada tutup. tapiii, lumayan si buat nyari oleh-oleh snacks gituu, sama ada toko favorit sepanjang masaa namanya 'coins18' disitu barangnya semua lucu kayak jadi pengen oleh-olehin semua orang:( udah gitu murah2 juga, pokoknya wajib kesituu dan tokonya banyak gitu di sepanjang Nathan Road.

day 4

last day means holiday is over:( flight pulang kita tuh jam 8an malem terus kita harus otw dari kowloon tuh sekitar jam 4an buat jaga-jaga kalo imigrasinya lamaa. jadi pagi-pagi kita avenue of stars dan liat-liat bangunan cultural and space museum di deket avenue of stars, bagusss deh unik gitu bangunannya konsisten gitu gaya nya dan semua pake keramik. oiya pas kita ke avenue of stars, kita ga nemu patung bruce lee jadi kita jalan-jalan aja di sepanjang dek yang sampingnya laut ituu.

dari Avenue of Stars kita langsung buru-buru ke Choi Hung Estate, buat foto-foto di famous building yang udah ada dimana-mana. buat nyarinyaa? susah bangettt karna ternyata itu ada di atas gedung parkir gituu, biar cepet langsung tanya orang ajasi gedung parkirnya ada dimana, atau di gmaps ada gedung parkir choi hung gitu kokk, terus naik aja ke rooftop nya. sampe di atas jejeng semua orang lagi photoshoot hehe bahkan ada yang foto prewed, tapi emang lucu bangetsi backgroundnya dan lapangannya. pas kita disana anginnya lumayan gede jadi mau foto rambutnya terbang-terbang gitu ehe. abis darisitu langsung kita lari-lari lagi haha gadeng maksudnya buru-buru buat makan di Wai kee tapi gue salah nulis di google maps hehe jadi kita nyasar.....malah ke gedung wai kee bukan wai kee restaurant. jadinya kita ga makan disitu karna ntar lama lagii, dan kita juga harus beli oleh-oleh yang belom kebeli dan jalan-jalan di nathan road lagi untuk belanja. karna kita kayak belom puas gitu:( gara-gara terlalu berharap di Soho kemaren, kita belanja nya ngehemat-hemat eh taunya di Soho malah gabeli apa-apa heu cewa. intinya kalo liat barang lucu, udahh langsung aja beli! jangan mikir 'tapi ntar disana ada yg lebih lucu' jangan gitu ntar nyesell. untungnya di bandara hongkong juga banyak toko lucu-lucu dan harganya ga jadi lebih mahal bgt gituuu, jadi bisa belanja2 jugaa ihiyyy. kocaknya kita hampir ketingglan pesawat, karna keasikan liat-liat toko.......sampe ada orang yang lari-lari sambil ngomong gate yang sama kayak kita barudeh kita juga lari-lari ihi. udadee gituu ajaa overall jalan-jalan di Hongkong sangat nagih!! dan mau balik lagiii, semua sudut kotanya kayak photoable gituuu.