Late Night. Opinion. Random Thoughts.

Tonight, i just shut my mouth be a quiet person and listen to my friends's chit chat. Then, salah satu temen gue curhat tentang suatu fenomena dimana dia agak terganggu dengan omongan temennya dia tentang dia. Okey, dan itu about people who wears hijab and how mostly people judge them how they should behave. After, she tells her story, my head blown up with that thoughts. so, i decided to write about my opinion in my blog.

Jadi gini, kebanyakan orang masih berpikir kalo mau pake kerudung itu sifatnya harus baik, atau begitupun kalo lo pake kerudung dan lo berbuat salah, lo bakal dipandang 2x lebih salah dibanding orang yang gapake kerudung dan walaupun dia berbuat salah yang sama. Oiya, pertama gue bukan orang yang tau segalanya sih karena ini cuma opini aja dan mau cerita apa yang gue rasain dan gue liat selama ini. Gue pake kerudung baru pas masuk kuliah yaa kira-kira baru 3 taun lah, dan itu juga bukan karena gue cewek alim yang sangat berperilaku baik sehingga gue memutuskan pake kerudung. Sebelumnya gue mikir "mau pake kerudung pas udah jadi ibu-ibu aja ah" tapi gatau kenapa, suddenly, in my head, in my mind and my body feel not comfortable if i don't wear hijab. i don't know, mungkin itu hidayah juga yang alhamdulillah gue memutuskan pakai kerudung dengan sifat gue yang masih sama aja kayaknya sama dulu. Nah, denger cerita temen gue ini yang waktu itu bersifat kurang baik, langsung di judge karena dia pake kerudung dan berperilaku ga baik yaa. Nah langsung kayak banyak banget nih isi kepala yang meledak-ledak. Karena statement 'kalau mau pake kerudung, sifatnya harus bener dulu' ternyata salah kalau menurut gue, ya kalo kitanya ga bener-bener kapan pake kerudungnya, pake kerudung kan wajib. gimana kalo tentang orang yang pake kerudung tapi perilakunya masih buruk? nah kalo itu kayaknya dari pribadi masing-masing juga akan sadar sendiri kok, at least dia udah mencoba untuk jalanin perintah-Nya dulu kan untuk pake hijab, masalah sikap pasti akan ikut dengan sendirinya dan suatu saat juga akan sadar kok. Emang kadang di kepala gue sendiri suka masih ngejudge misalnya pake kerudung tapikok ngerokok, well itu cuma ada di kepala gue dan ga gue sampein karena takut orang itu juga sakit hati. Karena, dia juga tau ngerokok ga baik, nantinya juga dia berenti. at least dia ga lepas hijabnya kan demi ngerokok. Terus kenapa kalo orang yang ga hijab terus ngerokok diliatnya biasa aja? bukannya dia malah double kesalahannya? udah gapake hijab dan dia ngerokok pula. Ya, ini kind of ngejudge sih tapi ini salah satu contoh aja dan gue gamasalah kok dengan banyak temen-temen gue yang kayak gitu, karna gue masih mikir itu pilihan dan jalan mereka. kan gue gatau, nantinya mereka bakal gimana, ya gue juga gatau apakah gue udah berbuat baik atau sangat kurang baik. gue bukan orang yang suka blak-blakan kayak gitu ke temen kalau tentang agama, karena gue juga belom sempurna dan masi belajar juga. Gue belom tau juga, gimana cara ngingetin orang biar lebih baik dengan cara yang ga nyakitin hati dan mengganggu keprivasiannya dia.

Cerita di atas mungkin gue agak terlalu sompral dengan nyebutin sikap konkrit kayak "ngerokok" mohon maaf dan no offense untuk kalian2 yang ngerokok, gue pake kerudung, tapi sikap keduniawian gue masih sama aja kok daridulu sama sma juga, gue malah ngerasa lebih polos disaat sma dulu. ngomong kasar gapernah, sekarang kok malah suka kesebut hehe tapi gue tau itu gabaik kok, gue juga mau ngurangin hal-hal yang jelek kayak gitu. itu dia! semua butuh proses kann. 

Nah, gue mau ngingetin ajasih buat orang-orang yang suka keceplosan ngomong di depan orang "lo kok gitu sih, kan lo kerudungan" ya well, kalo diambil positifnya dia baguskok ngingetin kita untuk berbuat lebih baik, buat alarm juga, tapi plisss jangan suka ngebandingin aja perilaku orang yg pake hijab atau gapake karena sometimes it hurts. apa harus kita bilang ke orang "lo udh gapake hijab, perilaku lo gitu lagi" ya kan ga kannn itukan bikin nusuk di hati juga. kita samakok, cuma beda benda yang dipake di kepala ajaa. kita kan sama-sama harus improve our behaviour jadi lebih baik dan baik lagikan. diingetin lagi semua butuh proses dan emang prosesnya itu mungkin yang kita harus sama-sama mempercepat sebelum terlambat:p

Comments